Saturday, March 9, 2019

Jijik Tapi Enak, Ini Cacing Tamilok yang Populer di Filipina



JURAGANQQ - Cacing tamilok memang punya tampilan yang menjijikan. Tubuhnya lembek dan berlendir, tapi cacing yang hidup di kayu ini jadi favorit banyak orang.


Tamilok biasa disebut juga sebagai cacing kayu karena hidupnya di dalam sela-sela batang kayu. Cacing berwarna putih keabu-abuan ini berbentuk memanjang dengan bentuk tubuh yang cukup besar. 

Di Filipina, tamilok banyak dijadikan santapan, terutama di kawasan Palawan dan Aklan. Untuk mendapatkan cacing ini, orang harus mencarinya ke hutan rawa.



Tamilok banyak hidup di dalam batang kayu yang sudah mati. Batang kayu lapuk ini harus dibelah untuk mengambil tamilok yang bersembunyi di sela-sela lubang kayu yang mulai membusuk. 

Di dalam batang kayu ini akan terlihat tamilok dengan jumlah cukup banyak. Bentuknya licin, lunak dan berlendir. Sekilas memang menjijikan, apalagi bagi orang yang baru pertama kali melihat.



Tamilok yang menggeliat ini harus segera dipindahkan dalam wadah berisi air. Karena kalau didiamkan terkena udara dalam waktu lama, cacing ini akan mati dan tak layak konsumsi.

Orang-orang menyebut tamilok sebagai cacing karena bentuknya yang memanjang. Padahal hewan ini termasuk jenis moluska yang hidup di air payau. 






Masyarakat Filipina biasa menyantap tamilok mentah. Tamilok bisa langsung disantap usai membuang bagian kepalanya. Tamilok segar ini punya tekstur lembut yang seolah langsung terasa pecah saat masuk mulut.

Bagi yang tak berani menyantap utuh, tamilok biasa disajikan dengan cabai dan air perasan jeruk nipis. Tamilok punya rasa gurih dan asin, kabarnya rasa tamilok tak kalah enak dengan tiram segar.






















Loginsite : juraganqq.org

BBM : 33449B3B / E3876151
LINE: juraganqq_official
WA : +6281330802453










0 comments:

Post a Comment